Instrumen Investasi Ini Sangat Cocok untuk Ibu Rumah Tangga


Saat ini investasi sudah bukan hal yang asing lagi.  Hampir semua kalangan sudah menyadari pentingnya berinvestasi.  Tidak terkecuali Ibu rumah tangga. 

Di tengah kesibukan mengurus rumah tangga, para ibu juga ingin memiliki investasi yang aman dan menguntungkan serta berisiko rendah. Jika dahulu tabungan menjadi pilihan menyimpan uang, sekarang ada pilihan baru berinvestasi. 
Produk investasi ini sebenarnya sudah lama ada, hanya minat para investor untuk menggunakannya, tidak seperti saat ini. Kurangnya minat mungkin karena informasi mengenai investasi ini tidak ditemukan.

Tetapi dengan kemajuan teknologi yang membuat informasi dapat cepat tersampaikan, investasi yang satu ini banyak peminatnya.  Deposito adalah investasi yang banyak menjadi pilihan ibu rumah tangga. 

Investasi ini sering menjadi pilihan karena bunga deposito yang ditawarkan diatas tabungan biasa. Investasi ini memiliki jangka waktu yang harus ditentukan diawal pembukaan investasi. Jadi tidak sebebas tabungan biasa.

Jika dana ditarik sebelum tanggal yang ditentukan, Anda akan mendapatkan denda atau penalti dari pihak penyelenggara investasi. Tetapi biasanya disediakan beberapa pilihan rentang waktu,  mulai dari tiga bulan hingga  dua belas bulan.

Rentang waktu juga menentukan besar suku bunga deposito investasi yang akan anda dapatkan. Makin lama waktu investasi maka semakin besar bunga yang diberikan pihak penyelenggara. Bunga ini merupakan hasil investasi dana yang diolah pihak penyelenggara keuangan. 
Menurut Bursa efek Indonesia (5/5/2015) deposito merupakan produk investasi yang lebih stabil dibandingkan investasi emas, saham dan lainnya. Keuntungannya yang didapatkan pun lumayan besar.

Investasi ini menduduki urutan kedua dalam keuntungan yang didapat, setelah yang pertama yaitu  investasi saham. Hasil yang didapatkan bisa mencapai  7,21% perbualannya. Sebuah hasil yang lumayan.

Selain jangka waktu, investasi ini memiliki minimal setoran yang harus dibayarkan.  Jumlah minimal setoran berbeda tergantung kebijakan masing-masing penyelenggara investasi deposito.
Tingginya minat ibu rumah tangga memilih deposito sebagai investasi karena risiko  rendah.  Hal ini bisa terjadi karena deposito dijamin oleh LPS. Tentu saja jika Anda memilih lembaga keuangan yang tergabung dalam LPS.

Jenis investasi yang mendapatkan jaminan dengan syarat simpanan di bawah dua milyar dengan bunga yang kurang dari 7,5 %. Jika nilai investasi melebihi nilai tersebut, maka investasi tidak akan dijamin oleh LPS. 

Selain itu sertifikat deposito yang anda miliki bisa digunakan sebagai jaminan di lembaga keuangan. Tetapi sayangnya hanya lembaga keuangan tertentu yang bersedia menerima sertifikat investasi ini sebagai jaminan.

Ternyata sertifikat investasi anda bisa menjadi sebuah aset keuangan. Harus diingat bahwa investasi Anda adalah produk yang dikenakan pajak. Hasil yang anda dapatkan akan dipotong pajak terlebih dahulu sebanyak  20 %.
Anda masih memiliki keuntungan investasi sekitar 80 % dari tiap deposito.  Makin besar nilai yang  diinvestasikan maka hasil yang didapatkan pasti akan besar juga. Makin lama waktu makin besar pula keuntungan.

Jadi jangan katakan ibu rumah tangga tidak bisa mengelola uang. Dengan memiliki investasi yang tepat  dana yang anda siapkan untuk berbagai keperluan nanti, bisa berkembang dan memberikan keuntungan. 

Jadi jangan tunda lagi, segaralah berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Bukan saatnya lagi ibu mengumpulkan sisa belanja untuk berbagai keperluan lainnya. Karena ibu cerdas bisa menjadi apa saja, termasuk seorang investor melalui  investasi  deposito.