Cara Menghindari Hutang Piutang

 Hidup terlilit utang bukanlah harapan semua orang Cara Menghindari Hutang Piutang

Cara Menghindari Hutang Piutang

Hidup terlilit utang bukanlah harapan semua orang. Faktanya, cukup sulit melepaskan diri dari jerat utang manakala pendapatan tak sanggup menutupi kebutuhan.

Jika Anda merasa dompet sudah jebol sebab tumpukan utang, sudah waktunya mulai berpikir menuntaskan dilema ini. Bisa menjalani hidup tanpa harus dikejar utang dan cicilan memang tidaklah mudah. Tapi dengan tindakan yang tepat, hal ini sanggup dilakukan oleh semua orang.

Berikut enam langkah yang sanggup Anda lakukan.
1. Buat tabungan dalam jumlah besar
Tidak gampang memang untuk sanggup menciptakan tabungan dalam jumlah yang besar. Tapi, hal ini harus Anda lakukan apabila ingin sanggup hidup terbebas dari tagihan dan utang.

Mulailah dengan menciptakan anggaran tiap bulan dari pendapatan yang didapat, sehabis itu gres mengalokasikan pendapatan yang dimiliki dengan tepat.

2. Langsung bayar tagihan kartu kredit
Salah satu utang yang harus segera Anda lunasi yaitu tagihan kartu kredit. Bukan hanya ada biaya aksesori yang dikenakan bila terlambat membayar, tagihan kartu kredit ini juga mempunyai bunga yang cukup besar.

3. Beli kendaraan beroda empat bekas
Mobil bekas atau second mempunyai harga yang lebih murah dibanding kendaraan beroda empat baru. Jika Anda memang ingin mengurangi tagihan yang membelit pendapatan Anda, membeli kendaraan beroda empat bekas sanggup dijadikan pilihan.

4. Sewa rumah
Untuk menghindari Anda terjebak dalam hutang atau cicilan dalam waktu yang lama, Anda sanggup lebih menentukan untuk menyewa rumah untuk daerah tinggal. Hal ini lebih baik dibanding harus mencicil KPR rumah bila memang Anda masih belum mau mempunyai rumah dalam jangka waktu lama.

5. Hanya beli barang-barang yang dibutuhkan
Agar tak terjebak gaya hidup konsumtif, pastikan Anda tahu apa saja yang ingin dibeli ketika berbelanja. Jangan lupa untuk hanya membeli barang-barang yang memang Anda butuhkan.

6. Susun anggaran dengan cermat
Lihat buku tabungan dan tagihan kartu kredit kemudian identifikasi apa saja anggaran yang sanggup dipotong. Setelah tahu, mulailah berpikir ulang mengubah kebiasan belanja.